Cari Blog Ini

Kamis, 15 Juni 2017

Kids Corner Perpustakaan Badan PPSDM Kesehatan

Saat ini, tidak hanya perpustakaan umum saja yang menyediakan layanan Kids Corner, akan tetapi perpustakaan khusus seperti Perpustakaan Bank Indonesia, Perpustakaan Kementerian Kesehatan RI, Perpustakaan Kementerian Pertanian RI, Perpustakaan Kemendikbud dan juga Perpustakaan Badan PPSDM Kesehatan juga mulai menyediakan layanan Kids Corner.

Pada kesempatan yang pertama ini, saya akan sedikit mengulas tentang Kids Corner milik Perpustakaan Badan PPSDM (Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia) Kesehatan, karena kebetulan saya bekerja sebagai Pustakawan Pertama di Perpustakaan Badan PPSDM Kesehatan ini merupakan salah satu perpustakaan khusus instansi pemerintah dibawah Unit Eselon I Kementerian Kesehatan RI. Beralamat di Jl. Hang Jebat III Blok F3 Kebayoran Baru Jakarta Selatan.Ini Penampakan kantor Badan PPSDM Kesehatan


Perpustakaan Badan PPSDM Kesehatan mulai dibuka pada tahun 2011, sedangkan Kids Corner mulai dibuka pada awal tahun 2016. Alasan dibukanya Kids Corner karena di kantor Badan PPSDM Kesehatan terdapat TPA (Tempat Penitipan Anak), jadi untuk menumbuhkan minat baca anak sejak dini, Perpustakaan Badan PPSDM Kesehatan memfasilitasinya, selain itu juga untuk memfasilitasi anak-anak karyawan yang sedang mengikuti orang tuanya ke kantor, agar tidak mengganggu orang tuanya bekerja, anak-anak dapat menunggu sembari membaca buku anak-anak yang disediakan di Kids Corner. 

Koleksi di Kids Corner Perpustakaan Badan PPSDM Kesehatan berjumlah sekitar 50 koleksi. Terdiri dari buku cerita anak-anak dan ensiklopedia bertemakan kesehatan, profesi kesehatan, agama, maupun umum. Selain menyediakan ruang baca anak, Perpustakaan Badan PPSDM Kesehatan juga melakukan kegiatan Story Telling.





Ruang kids corner yang kecil, hanya disediakan karpet anak untuk membaca, terkesan kurang nyaman untuk anak-anak. Koleksi yang tersedia baru berupa koleksi cetak, dan koleksi digital seperti CD atau game anak belum tersedia. Kedepannya perlu adanya pengembangan  untuk sarana prasarana di Kids Corner Badan PPSDM Kesehatan ini.

Kegiatan Story Telling yang pertama dilaksanakan ditujukan untuk anak-anak TPA, diikuti oleh 3 anak.




Kegiatan Story telling yang pertama, dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2016. Cerita dibacakan oleh Pustakawan Badan PPSDM Kesehatan, Andyta Setyabudhi, S.IP. Tema Story Telling saat itu adalah menjaga Kesehatan Gigi. Buku yang dibacakan berjudul "Cican Sakit Gigi". Setelah dibacakan cerita, anak-anak diajak untuk melihat video yang bertemakan "menjaga kesehatan gigi dan cara gosok gigi yang benar". Setelah itu, pustakawan memberikan pertanyaan terkait cerita yang telah dibacakan dan video yang sudah dilihat. Anak-anak sangat antusias karena penyajian story telling sangat menarik dan tidak membosankan. Selain dibacakan cerita, ada media audio visual yaitu video kartun anak yang lucu tetapi sesuai dengan tema. Setelah itu, pustakawan mengajak anak-anak bernyanyi bersama-sama sembari diputarkan video lagu anak-anak. Diakhir acara, anak-anak mendapatkan goodie bag yang berisi snack ringan, buku, sikat gigi dan pasta gigi anak. Acara ini sangat diapresiasi oleh Ibu Kepala Badan PPSDM Kesehatan.

Kegiatan StoryTelling yang kedua dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2016.  Untuk kegiatan Story Telling yang kedua tersebut tidak hanya diperuntukkan anak-anak TPA Harapan Bunda (nama TPA Badan PPSDM Kesehatan) saja, tetapi juga mengajak anak-anak PAUD Bina Bangsa (PAUD yang terletak dibelakang kantor Badan PPSDM Kesehatan).

Tema untuk Story Telling yang kedua adalah "Pengenalan Profesi Dokter" Kepada anak-anak. Acara sangat meriah, karena dihadiri oleh 25 anak. Kali ini yang bercerita adalah pustakawan Poltekkes Jakarta III Bapak Haryanto, S.IP. Poltekkes Jakarta III adalah salah satu UPT di bawah Badan PPSDM Kesehatan. Anak-anak sangat antusias mendengarkan cerita yang dibawakan oleh bapak Haryanto.

Selain bercerita, Bapak Haryanto juga memeriksa kesehatan gigi anak-anak menggunakan senter
Setelah dibacakan cerita, anak-anak diberikan kuis, yang bisa menjawab diberikan hadiah. Sama seperti kegiatan Story Telling yang pertama, anak-anak tidak hanya dibacakan cerita saja, tetapi juga diajak bermain sambil bernyanyi. Karena anak-anak usia PAUD adalah anak-anak yang harus bergembira, belajar sambil bermain dan bernyanyi. Pada kegiatan Story Telling yang kedua tersebut, Ibu Kepala Badan PPSDM Kesehatan selaku ketua DWP Badan PPSDM Kesehatan, Ibu Andriza Usman memberikan apresiasi dengan menghadiri acara tersebut.


Perpustakaan Badan PPSDM Kesehatan terbuka untuk masyarakat umum, siapa saja diperbolehkan masuk ke Perpustakaan begitu juga untuk Kids Corner nya, bagi adik-adik dapat berkunjung ke Kids Corner Perpustakaan Badan PPSDM Kesehatan, bisa individu maupun perkelompok. Harapan kami, para pustakawan Badan PPSDM Kesehatan, Perpustakaan Badan PPSDM Kesehatan dapat semakin berkembang dan semakin memberikan manfaat baik bagi karyawan, anak-anak TPA, maupun masyarakat umum. Karena.. "Perpustakaan adalah tempat belajar sepanjang hayat"
Pustakawan..bukan hanya penjaga buku di perpustakaan, tetapi pustakawan adalah mitra pendidik, salah satunya..pustakawan juga harus bisa berbagi ilmua, serta bercerita melalui kegiatan "Story Telling"

Yuuk..adik-adik yang pengen tau tentang kesehatan dan profesi tenaga kesehatan, Kami tunggu Kedatangannya di Kids Corner Perpustakaan Badan PPSDM Kesehatan ya.. :)

#KIMV

0 komentar:

Posting Komentar